Bingung Jurusan Kuliah


Assalamu’alaikum Wr Wb..
Heyhooo semuanya. akhirnya ada juga topik yang bisa ditulis di blog ini haha,

hari ini gw pengen ngomongin tentang cita-cita dan tujuan hidup(?) sekarang gw udah kelas 2 SMA tapi masih bingung ntar kuliah mau masuk jurusan apa. Duluu banget, gw pengen jadi interior designer tapi gw ngerasa interior itu cuma sebatas hobi buat gw, bukan sesuatu yang pengen gw seriusin bener-bener. Trus kesini-sini gw jadi pengen masuk jurusan bahasa inggris karena gw kira dari semua pelajaran disekolah, cuma bahasa inggris yang jadi favorit gw. Tpi kayaknya hati masih kurang mantep buat masuk jurusan bahasa. Trus setelah gw pikir-pikir lagi, gw sempet juga pengen masuk jurusan ilmu komputer. Tapi setelah gw browsing sana sini tentang kuliah di ilmu komputer, kok gw jadi gak yakin mau masuk sana. akhirnya gw bingung lagi mau masuk jurusan apa. Gw sempet iri juga sama sahabat gw wkwk. dia sekarang sekolah di SMK kesehatan trus cita-citanya mau jadi suster. Dia juga udah nentuin ntar mau masuk Universitas mana, Lah gw? boro-boro universitas, mau jadi apa aja gw gak tau.

Nah, ditengah-tengah kebingunan gw, akhirnya gw browsing tentang jurusan-jurusan kuliah, dan gak tau gimana ceritanya gw ketemu artikel yang judulnya “Dari Remaja Hingga Tua, Ternyata Ini Lho Tugas-tugas Kita Sebagai Manusia” Nah, setelah gw baca artikel itu, gw jadi makin tau bahwa umur 12-20 tahun itu adalah saat-saat dimana kita harus kenal sama diri kita sendiri, atau bahasa lainnya adalah mencari identitas diri. Dari situ gw jadi makin semangat buat nyari tau sebenernya apasih bakat gw dan apa jurusan yang pas buat gw kuliah nanti.

Sore setelah gw baca artikel itu, gw berangkat les. trus sebelum masuk kelas, gw baca artikel gitu di dinding tempat les gw. Judulnya “8 Multiple Intelligence” intinya adalah, setiap manusia itu pasti memiliki 8 kecerdasan ganda(multiple intelligence), tapi pasti ada salah satunya yang paling dominan terhadap diri kita. Nah, dari ke 8 kecerdasan itu, yang paling pas sama gw adalah Intrapersonal Intelligence. Trus gw makin tertarik nyari tau tentang Intrapersonal Intelligence itu apaan sih. Setelah browsing sana sini. ini yang gw dapet dari http://www.multipleintelligencetheory.co.uk

Intrapersonal people are particularly determined and can work well with personal deadlines and goals. They may sometime shy away from others and find it easier to work alone and quietly, but it is likely that they will be strong in one or two more intelligences.
If you are intrapersonal then you are really good at knowing how you are feeling and how you may react to certain situations in the near future.
If you are intrapersonal you are pretty independent and are happy spending time alone. You may find it easier to learn by thinking and working quietly on your own somewhere.
Some people might think you can be quite shy sometimes.
You are also a determined character who might not be as at risk to peer pressure, and you probably have a good idea of your own strengths and weaknesses and what you would like to be when you’re older.
Perhaps you like to set yourself personal goals, or you might have a hobby that you like to keep to yourself.
Maybe you’re interested in religion, or use art, drama, music or writing a diary or online-Blog to express your inner feelings.

Good match careers would be:
Actor,
Artist,
Small business owner/Self employed person,
Detective,
Film director,
Counsellor,
Social Worker,
Philosopher,
Theorist,
Inventor,
Planner,
Biographer,
Researcher,
Psychologist,
Personal trainer or writer.

Dan ini yang gw dapetin dari http://www.mypersonality.info

People with intrapersonal intelligence are adept at looking inward and figuring out their own feelings, motivations and goals. They are introspective and seek understanding. They are intuitive and typically introverted. They learn best independently.

Common Characteristics
  • Intoverted
  • Prefers working alone
  • Philosophical
  • Self-aware
  • Perfectionistic
  • Often thinks of self-employment
  • Enjoys journaling
  • Intuitive
  • Independent
  • Spends time thinking and reflecting
  • Likes learning about self

Career Matches
  • Psychologist
  • Philosopher
  • Writer
  • Theologian
inti dari dua website diatas sama, orang dengan Intrapersonal Intelligence adalah orang yang lebih suka kerja sendiri daripada berkelompok, intuitif, suka banget mengenal lebih banyak tentang diri sendiri, lebih suka ngabisin waktu sendiri buat mikir dan merefleksikan diri. perfeksionis, dan introvert.

Gw juga nyoba tes kepribadian sama tes kecerdasan majemuk dari http://www.mypersonality.info
dan hasilnya adalah gw 95% Intrapersonal.





Ini tes kepribadiannya



Setelah gw tau, kalo gw adalah tipe orang dengan Intrapersonal Intelligence. Gw browsing lagi tentang pekerjaan yang cocok untuk gw, walaupun diatas udah dibahas beberapa pekerjaan yang cocok. Cuma gw pengen tau aja apa pilihan pekerjaan lain selain yang udah disebutin diatas.

Dan akhirnya, ketemu lah :

Career Ideas :
  • Psikolog
  • Guru psikologi/Guru BK
  • Therapist
  • Counselor
  • Teolog
  • Perencana Program/(?)
  • Pengusaha
  • Aktor
  • Seniman
  • Penasehat Karir
  • Konsultan
  • Kriminolog
  • Energy healer (Pengobatan Tenaga Dalam)/(?)
  • Futuris atau tren prediktor
  • Intelligence officer
  • Penasehat Pribadi
  • Filsafat
  • Peneliti
  • Pemilik bisnis kecil
  • Penasehat Spiritual
  • Penulis
  • Penasehat Kesehatan

sebenernya, semua pekerjaan diatas itu bikin gw tertarik. Tapi, yang paling gw sukain adalah psikologi. dan tanpa gw sadarin, ternyata selama ini gw suka sama psikologi cuma gak pernah ngeh, kayak misalnya gw suka baca-baca cara mengetahui kepribadian, cara baca bahasa tubuh dll.

Setelah gw tau kecerdasan dominan yang gw punya, dan gw udah mutusin buat jadi psikolog. Gw langsung senenggg banget. Gw berasa dapet pencerahan banget wkwk yang bikin pandangan tentang kehidupan gw kedepan jadi makin jelas. Sekarang, udah tinggal nentuin mau masuk universitas mana, belajar yang bener, dan yang paling penting, berdoa sebanyak-banyaknya, semogaa aja cita-cita gw pengen jadi psikolog tercapai. aamiin

Oya, buat kalian yang masih bingung apa kecerdasan yang paling dominan di diri kalian. Kalian bisa nyobain tes kecerdasan di http://www.mypersonality.info/test-mi/

gw akhiri, Wassalamualaikum Wr Wb..

Postingan populer dari blog ini

Review TRESemme Keratin Smooth Shampoo & Conditioner

Cara Menggunakan ikon ‘Group’ pada Microsoft Word 2007

Review : Dove Nourishing Oil Care Serum